Friday 14 November 2008

“BANGUN KREDIBILITAS” KUNCI SUKSES BISNIS BLOG


Salah satu syarat penting agar nanti blog Anda dapat efektif menjual ditentukan oleh kredibilitas serta tumbuhnya kepercayaan dari pengunjung Anda. Tentunya kredibilitas ditentukan dari kualitas tulisan yang Anda tampilkan. Kepercayaan pengunjung terbangun dari bagaimana Anda memperlakukan mereka.

Semakin sering Anda membuat tulisan yang bermanfaat bagi pengunjung perlahan tapi pasti kredibilitas Anda akan terbentuk. Seperti halnya www.trik-tip.blogspot.com yang membagikan beragam informasi tentang trik-trik mempercantik blog. Sehingga Blog tersebut menjadi salah satu sumber terpercaya bagi saya sebagai referensi. Apalagi mengingat informasi yang diberikan cukup praktis dan begitu diterapkan berhasil.

Atau juga seperti ilmukomputer. Saya pikir tidak ada yang meragukan bahwa situs ini merupakan sumber terpercaya untuk informasi komputer dan internet. Didalamnya kita bisa menjumpai banyak tulisan bermanfaat tentang komputer, bahasa pemograman, design grafis dll. Saya jamin, jika situs atau blog tersebut menjual produk yang terkait dengan komputer atau blog maka akan banyak orang yang akan membeli.

Dengan terbangunnya kredibilitas Anda maka secara perlahan konsumen Anda juga semakin percaya. Dan untuk lebih meningkatkan lagi kepercayaan konsumen terhadap Anda maka siapkan kolom menginformasikan diri Anda secara lengkap. Siapakah Anda, jika perlu dengan CV, alamat lengkap, serta yang cukup penting nomor telp atau HP yang bisa dihubungi.

Dalam transaksi nyata saja sulit menyakinkan konsumen membeli sebuah barang. Apalagi via internet yang tidak terjadi hubungan tetap muka. Banyak hal yang bisa diragukan oleh konsumen, apakah usaha kita benar-benar eksis, produk kita memang Anda dan kita tidak sedang mencoba menipunya.

Oleh sebab itu untuk membangun keyakinan penjunjung terhadap hal yang Anda sampaikan dan tentang diri Anda memerlukan proses dan waktu. Dan tidak terjadi secara instan.

Dan cara yang cukup efektif meningkatkan kepercayaan terhadap Anda adalah melalui pendekatan personal. Anda harus responsif terhadap pertanyaan dari pengunjung apalagi jika ia membutuhkan sebuah saran atau solusi untuk Anda.

Tawarkan untuk bisa berhubungan secara personal dengan meminta no HP si pengunjung jika ia berkenan memberikan, Atau melalui e-mail. Jika dimungkinkan lakukan pertemuan tatap muka.

Banyak dampak yang bisa Anda rasakan dari personal approach ini. Biasanya pengunjung Anda tersebut akan rutin mengunjugi blog Anda. Apalagi jika ia sampai membuat testimoni oleh karena bantuan yang Anda berikan. Ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas Anda di mata penunjung lainnya.

Selain itu berikan sebanyak mungkin berbagai layanan gratis dari blog Anda. Apakah itu berupa e-book, gambar, atau mengedit foto gratis. Intinya banyak hal yang bisa orang lain dapatkan ketika mengunjungi blog Anda. Jika mendapatkan banyak manfaat dari blog Anda tidak mustahil ia akan terikat secara emosional dengan blog Anda dan menjadi pengunjung rutin.

Dengan terbangunnya kredibilitas Anda dan kepecayaan pengunjung terhadap Anda dan blog Anda, maka ini adalah awal yang baik untuk memulai bisnis online. Namun perlu diingat proses ini memerlukan waktu dan kesebaran dari Anda. Intinya Anda harus rajin mengisi blog anda dengan tulisan yang bermafaat serta memberikan banyak layanan atau hal-hal yang menarik yang dapat diakses oleh pengunjung Anda.

No comments: