Sunday, 4 May 2008

TIPS MEMPENGARUHI ORANG LAIN UNTUK MEMBELI APA SAJA


Keinginan setiap manusia untuk memenuhi kebutuhannya merupakan tujuan hidup yang nyata. Perubahan zaman yang serba instan mendorong manusia berlomba-lomba memenuhi kebutuhannya,baik materil dan spiritual

Berbagai cara dilakukan setiap manusia agar dapat hidup sejatera. Kehidupan yang mapan secara materil merupakan tolak ukur yang mana manusia dapat dikatakan berhasil. Lazimnya kebutuhan manusia tersebut yaitu sandang, pangan,dan papan.

Manusia senantiasa berusaha untuk meningkatkan kepuasannya. Hal ini terbukti dari permintaan terhadap barang dan jasa yang meningkat setiap tahunnya. Semakin tingginya permintaan barang terhadap pasar sangat mempengaruhi harga barang dan daya beli terhadap masyarakat. Banyak orang berpikir sekarang ini duit adalah segala-segalanya. Dengan duit apapun bisa dimiliki dan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Hal seperti ini sangat menguntungkan bagi pelaku-pelaku pasar untuk memasarkan produknya.

Tetapi tidak mudah sebagian dari para pelaku pasar memperkenalkan dan menjualkan barang/produk tersebut. Disinilah peran seorang tenaga marketing menjadi sangat penting. Marketing berasal dari kata market yang berarti pasar,dan marketing berarti pemasaran.

Namun menjadi seorang marketer juga tidaklah mudah. Menurut hemat saya ada beberapa karakter yang harus dimiliki seorang marketer untuk sukses dalam penjualan,yaitu : 1). Mengenal dan memahami produk, seorang marketing mengerti kelebihan dan kekurangan produk tersebut 2) Disiplin dan tanggung jawab : memiliki rasa peduli terhadap pekerjaan (loyalitas yang tinggi)3)Berpenampilan baik dan menarik : mempunyai kepribadian yang baik dalam arti sopan dan santun pada tutur bahasa dengan senyuman 4)Aktif dan kreatif : kepedulian terhadap pelanggan atau barang dan keadaan sekitarnya 5)Kerja keras dan kejujuran : semangat yang kuat,pantang menyerah dan rasa yang memiliki 6) Kesabaran dan doa : menjadikan pekerjaan adalah ibadah..

Hal diatas berperan penting untuk mendukung seorang marketer menjalankan profesinya. Disamping itu ada juga beberapa poin penting yang harus diketahui oleh marketer untuk mendorong terciptanya kepuasan konsumen/pelanggan, yaitu : 1) Siapakah konsumen/pelanggan 2) Apa yang membuat kita berbeda dan istimewa 3) Bagaimana pelayanan yang memuaskan konsumen 4) Nilai apa yang kita berikan kepada konsumen...

Dengan kata lain seorang marketing harus mampu memiliki berbagai keistimewaan di mata konsumen/pelanggan.

Kepuasan konsumen merupakan tujuan yang penting dalam meningkatkan daya jual. Persaingan pasar yang tinggi membuat para pelaku pasar memberikan pelayanan yang lebih dengan cara apapun untuk menarik perhatian konsumen. Berdasarkan pengalaman saya ini ada beberapa kiat penting untuk dapat mempengaruhi konsumen membeli apa yang kita tawarkan. Pertama Mari memanjakan konsumen, hal ini diwujudkan dengan memahami kemauan konsumen serta memberikan pelayanan yang memuaskan demi meningkatkan gairah untuk membeli. Atrategi kedua tawarkan produk-produk yang menggoda dengan karakteristik, harga relatif murah namun kualitas bersaing. Intinya harga barang yang ditawarkan tengkau oleh konsumen namun kualitasnya sangat memuaskan. Strategi Ketiga Berikan konsumen insentif tambahan ketika ia mau membeli. Nilai ini akan memberikan daya tarik dan sebagai keistimewaan tersendiri buat konsumen. Strategi terakhir adalah resposif terhadap keluhan konsumen. Hal ini dimungkinkan jika terbina komunikasi yang baik dengan pelanggan dan siap menerima saran dan kritik.

Tips diatas sudah terbukti berhasil saya terapkan dalam memasarkan berbagai jenis produk dan mendapatkan prestasi penjualan yang luar biasa. Namun tentunya keberhasilan penjualan akan semakin bebas peluangya jika perusahaan pemilik produk juga aktif mempromosikan produk dan mampu memberikan kenyamanan ketika konsumen datang berkunjung ke counter secara langsung. Oleh sebab itu usaha pemasaran oleh marketer perlu didukung oleh pengelola usaha dengan melakukan 1) pemasangan iklan : memperkenalkan tema dan konsep barang dagangan kepada pelanggan melalui media cetak dan media elektronik 2) pengaturan pajangan 3) penentuan letak toko yang strategisyang memudahkan pelanggan mengakses 4) pembuatan kemasan barang yang memberikan kesan pertama penuh daya tarik bagi pelanggan.

Tulisan ini dibuat oleh David Tambunan yang memiliki pengalaman di dunia marketing selama 5 tahun dan meraih prestasi luar biasa di berbagai perusahaan swasta ternama seperti Telkomsel, Honda, Yamaha. Dan penulis membuka diri untuk membantu divisi field marketing pada perusahaan yang membutuhkan revolusi sistem pemasaran. (David Tambunan, Depok-Jakarta, 081381716841)

(Bagi rekan-rekan yang ingin menampilkan karya atau mempromosikan diri Anda pada blog saya silahkan mengirimkan tulisan dan data-data pribadi ke email hendra_has@deptan.go.id dan CC ke moan_bb@yahoo.com)

2 comments:

hendra said...

perkenalkan nama saya hendra kusuma,SE,MM.staf pengajar PT swasta.saya sangat tertarik pada tulisan saudara.saya mohon saudara berkenan memberika pembelajaran kepada saya.terima kasih.

Lay Cao Lay said...

Kepemimpinan dinilai dari seberapa besar kemampuan yang dimiliki dalam mempengaruhi orang lain