Tuesday 23 June 2009

JIKA ANDA SUKA MEMBAWA LAPTOP DALAM MOBIL, WASPADALAH!!!


Para pelaku kejahatan tidak pernah lelah menciptakan modus-modus baru untuk mencuri barang berharga. Salah satunya yang sering menjadi sasaran adalah Leptop. Mengingat harganya cukup mahal, mudah dijual dan gampang dicuri. Sehingga pelaku pencurian berupaya mendapatkan barang berharga tersebut dengan cara-cara yang dapat memperdaya pemiliknya.

Seperti halnya yang baru ini saya alami. Laptop milik kantor dengan merek Toshiba lenyap dengan mudah, dicuri dari dalam mobil saya. Kejadian ini terjadi tepat di pintu keluar Universitas Indonesia Depok, pada hari Senin jam 10.00 WIB( 21/6/09).

Pada saat itu saya memutuskan membawa mobil agar tidak repot menenteng laptop dan tas. Karena kalau naik angkot bisa dibayangkan repotnya. Setelah saya melewati Guna Darma, tepat sebelum jembatan kali Ciliwung, seorang pengendara motor berupaya menarik perhatian saya. Ia memberi kode, menunjukkan jika bagian ban belakang mobil kempes. Dan seketika itu ia berlalu.

Tentu saya spontan menurunkan kecepatan untuk kemudian meminggirkan mobil. Dan tepat setelah jembatan Ciliwung saya meminggirkan mobil. Kemudian saya turun, namun sebelumnya saya mengunci pintu.

Tapi anehnya ketika saya periksa sepertinya tidak ada kerusakan. Sayapun memutuskan kembali melanjutkan perjalanan.

Namun belum sampai beberapa puluh meter tepat jalan masuk ke Kampus UI, seorang pengedara motor kembali menarik perhatian saya. Ia juga menunjuk-nunjukkan bagian belakang mobil seolah ada kerusakan. Sebagaimana pengendara motor sebelumnya, ia kembali berlalu,

Sayapun segera meminggirkan mobil tepat di depan kompleks penjual bunga setelah pintu keluar kampus UI. Namun ketika saya turun, seorang pengedara motor lain mendekat saya. Ia memberitahu kalau ada baut yang lepas dari ban mobil.

Spontan saya periksa ban dan anehnya baut terpasang dengan baik tanpa sempat mengunci pintu mobil. Seketika itu ia bergegas meninggalkan saya.

Saya cek-cek lagi bagian samping kanan mobil, sepertinya tidak ada masalah. Namun ketika melihat ke sebelah kiri ternyata pintu mobil bagian samping sudah terbuka.

Dan saat saya mengecek ke dalam mobil ternyata hanya tas saya yang tertinggal. Sedangkan tas laptop sudah raib. Kejadian tersebut membuat saya lemas seketika.

Pada hari yang sama saya melaporkan ke Polisi di wilayah Jakarta Selatan, ternyata pencurian dengan modus tersebut sudah sering sering. Khususnya di kawasan Depok hingga Tanjung Barat.

Polisi sedang berupaya menangkap pelaku pencurian tersebut. Namun kesulitannya mereka sangat mobil dan berpindah-pindah. Pihak kepolisian mengatakan jika modus ini dilakukan secara berkelompok.

Oleh sebab itu jika Anda sering membawa Laptop berpergian dengan mobil Anda, sebaiknya berhati-hatilah. Banyak pelaku pencurian yang mengincar barang berharga tersebut.

Jika membawa Laptop simpanlah di tempat tersebunyi yang tidak bisa dilihat dari balik kaca mobil. Semisal di bawah jok. Atau gunakan penutup yang tidak seperti tas laptop, seperti tas pundak, dsb.

Seandainya ada orang yang menarik perhatian Anda dengan menujukkan seolah ada kerusakan pada mobil Anda, jangan segera berhenti. Tetaplah melaju sampai Anda menemukan tempat yang aman dan ramai. Ketika Anda turun kuncilah pintu.

Oleh sebab itu waspadalah setiap saat. Karena saat ini pelaku-pelaku kejahatan berkeliaran dimana-mana. Termasuk di lokasi-lokasi yang mungkin sering Anda lalui.

1 comment:

Almighty Jazz said...

Waaaah.... Ternyata benar juga..
Dipikir cuma gosip...
:p
Youweis...
Lain kali hati-hati ya...

Please visit my blog at http://jazzalmighty.blogspot.com/