Sunday, 13 July 2008

KOI BLITAR VS KOI SUKABUMI


Tentu Anda ingin membeli ikan koi dengan kualitas baik. Ketika Anda membeli ke pedagang mereka sering mengatakan, ”Ikan ini bagus, pak , ini koi Blitar , bukan Sukabumi”.

Tentu ini bukan maksudnya bahwa ada koi jenis Blitar atau Sukabumi. Karena koi yang diperlihara di dua tempat tersebut sama-sama berasal dari Jepang. Tentu pertanyaannya apakah koi asal blitar lebih baik? Dan bagaimana cara membedakannya.

Seorang hobis koi yang memelihara kedua jenis ikan tersebut mengatakan bahwa koi asal Blitar lebih baik terkait dengan cara persilangan dan sortasi anakan. Konon di Blitar para petani berusaha menjaga kemurnian koi dengan tidak mengawinkan dengan ikan mas. Namun di Sukabumi ikan koi kadang diperlihara dan dikawinkan dengan ikan mas.

Berdasarkan hasil kunjungannya ke Blitar ia melihat bagaimana bibit Koi disana mengalami proses sortasi selama 5-6 kali (sejak ikan berusia 1-2 bulan) untuk memperoleh Koi yg bermutu bagus.

Ekstrimnya hasil sortasi yg jelek biasanya dilempar ke kolam lele (untuk pakan lele). Karena para petani Koi di Blitar beranggapan tidak bermanfaat membesarkan bibit Koi yg kurang baik mutunya. Nilai pakan yg dikeluarkan tidak sebanding dgn nilai jual akhirnya.

Perbedaannya dapat dilihat dari warna. Saya pernah mengunjungi seorang penjual ikan koi asal Blitar yang memiliki tambak koi di Blitar. Ia mendapatkan kirimkan setiap minggu untuk kemudian ia sortir. Ikan yang baik ia pelihara dan diikutkan kontes, setelah itu ia jual dengan harga yang lumayan mahal. Sedangkan ikan kualitasnya kurang baik ia jual langsung dengan harga murah.

Dan memang betul ikan Blitar miliknya memiliki warna yang lebih bagus dari pada koi sukabumi yang saya miliki. Warna merah atau kuningnya terlihat lebih terang sedangkan putihnya seputih salju.

Konon koi jenis Kohaku asal Blitar yang berukuran ± 10 cm dengan kualitas super harganya bisa mencapai Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 1.000.000,-. Berbeda dengan ikan koi asal Sukabumi untuk ukuran 10 sentimeter dapat dibeli seharganya Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per ekor.

Namun penjual koi tersebut mengingatkan saya, karena di kalangan penjual sering menyebutkan ikan koinya adalah koi Blitar meskipun bukan.

Dan sesungguhnya tidak semua koi asal Sukabumi atau bukan Blitar tidak baik. Ada beberapa petani di daerah Bogor atau Cianjur yang telah menghasilkan koi kualitas ekspor.

Saya pernah mengunjugi penangkaran koi di daerah UPTD Instalasi Ciherang, Cianjur, milik Departemen Kelautan dan Perikanan. Ternyata ikan koi yang dihasilkan di tempat itu memiliki kualitas yang cukup baik. Ikan dari hasil sortasi berdasarkan corak dikirim sampai ke Eropa.

Uniknya ikan-ikan yang tidak lolos seleksi di penangkaran tersebut tidak langsung di jual di pasar tradisional. Melainkan diekspor ke Arab, yang menyukai ikan koi tidak lolos sortiran tersebut. Karena ikan tersebut masih dianggap bagus oleh pengemar koi di arab.

Tentu kemudian Anda jadi bingung. Lalu kemudian bagaimana cara membedakan antara koi Blitar dengan koi Sukabumi.

Jika saya boleh menyarankan, ketika membeli ikan pada penjual tidak perlu terlalu percaya dengan klaim Blitar atau Sukabumi. Tapi lebih baik Anda melihat ikan koi tersebut bagus atau tidak dari warna, bentuk badan dan sehat atau tidaknya.

Kalau ingin membeli ikan asal Blitar, carilah pedagang yang khusus menjual koi Blitar. Salah satunya seperti penjual koi yang saya kenal tersebut, berdomisili di Cimanggis. Atau mencari informasi melalui internet. Karena sejumlah penangkar koi asal Blitar mencoba memasarkan koi-nya melalui jaringan internet atau dengan membuat blog seperti www.pondok-koi-blitar.blogspot.com.

Saya lebih menyarankan membeli koi berdasarkan corak saja dan kebutuhan warna. Asal warnanya cukup menarik, tubuhnya proporsional dan sehat tentunya tidak ada salahnya untuk dibeli.

Malah saya sering berburu ke pasar-pasar tradisional seperti pasar Parung atau Anyer di Bogor untuk membeli ikan koi. Para pedagang cenderung tidak memperhatikan corak, melainkan berdasarkan ukuran badan. Dan saya pernah membeli ikan tanco ukuran 30 cm, warna putihnya bersih layaknya koi impor. Dan saya beli cuma seharga Rp. 25.000.

Oleh sebab itu menurut saya untuk membeli koi lebih baik Anda berpatokan pada kualitas warna dan bentuk tubuh. Jika warnanya menyolok dan bentuk badannya proporsional maka ikan tersebut layak Anda beli. Syukur-syukur harganya murah.

Aturan ini perlu diterapkan bagi Anda para pemula. Dan saya yakin dengan semakin lama Anda memelihara koi dan berkenalan dengan para hobis lainnya, Anda akan lebih mampu membedakan mana ikan yang berkualitas dan layak di beli dengan harga mahal. Dan mana yang tidak.

25 comments:

dr.H.Gunawan said...

Konon 25 tahun yg lalu orang blitar beli koi di cisaat.
80 % koi blitar di Jakarta dari Sukabumi ,bagus bagus tuh,kalau disilang dengan ikan mas ,kan di jepang juga disilang dengan ikan kumpay Indonesia ,sama kita di bilang bagus coba mas renungkan,jangan apriori

harisubagio said...

Selamat siang Pak.
Mohon informasinya.Saya punya kolam koi,tapi ikan koinya matanya pada belekan dan kulitnya korengan.
Mohon info,parameter air yg sehat untuk koi agar sehat hidupnya itu seperti apa?
Saya mau bawa sample air kolam koi ke laborat untuk dianalisa.tapi saya perlu referensi nya.
Ada yang bisa bantu saya?
TErima kasih atas bantuannya.

ceritaku said...

maaf nih mau tanya sama senior kalau mau beli kaoi yang ,murah tapi anakan koi impor dimana ya kalau ada sih sekitar bogor. atas saran nya mak'asih banget. ceritaku78@gmail.com

cephi said...

Saya tahu ada sebuah Farm ikan koi yang indukannya asli ikan import paling kecil 70 cm, saya pernah kesana .Rasanya di Indonesia baru ada satu ini yang membudidayakan ikan koi secara serius begitu.Harga ikannya juga tak mahal malahan ada yang dijual sama dengan ikan Sukabumi atau Blitar padahal ikannya jauh lebih bagus...ini alamat web sitenya www.gavrillakoisfarm.com

Prasetyo said...

Terima kasih sarannya .....

kris said...

pengen bisa ngafal'in macem-macem koi susah banget ea......hehehe

neina said...

pengen bisa ngafal'in macem-macem koi susah banget ea......hehehe

tjandra said...

satuju..oom2 n tante2..saya pelihara koi hampir 5 tahun bukan kolektor apalagi kontestan koi mahal2. saya hanya penikmat keindahan dan keunikan ikan yang namanya KOI..bagi saya hunting di tukang2 ikan baik jual koi bagus atau afkiran tp pas dilihat koq unik atau nyenengin ya saya beli...rata2 malah murah2. kalo dah sampai rumah kita nikmati gak kalah nikmat sama yang harganya konon sampai jutaan. tergantung persepsi kita koq. ini opini saya aja loh tks

wira_wiri said...

saya petani koi asli dari blitar...
kalau ada yg berminat silakan hubngi saya:
081803242535 (mohon sms dulu) atau 031-71525461
Wirawan Dwi Cahyo.S

HENDRI said...

hi bro...
thanks for your share..
if you want
get my collection reference at
UNAND's REPOSITORY

metro said...

mtero koi aquarium;
lokasi d bandung timur..
soekarno hatta no 590
menyediakan koi bagus dan biasa..
koi blitar dan sukabumi.
tlf 081318445505
085860448438

metro said...
This comment has been removed by the author.
Dutanagara said...

artikel yg menarik...bagi saya pecinta koi pemula yg ptg warnanya bagus, sehat g gampang mati, coz saya beberapa kali beli di pasar ikan solo mati terus..jd parno sndiri mau beli di pasar ikan..tp yg namanya org belajar ya pantang menyerah...hehehe,,,butuh info penangkar koi blitar dong???

Torrnado said...

Blitar atau Sukabumi kan sama-sama indonesia ya.

bramasta_09 said...

UD. Nabila Farm

Kami petani koi dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan benih ikan koi berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
Bibit koi yang kami hasilkan adalah bibit koi berkualitas tinggi dan telah melalui proses seleksi breding yang ketat, untuk kwalitas warna sudah tidak perlu diragukan lagi karena ikan yang kami jual sudah melalui tahap sortir warna dan pola. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
Corak : Showa, Sanke, Kohaku, Tancho..Dll
Great : Super dan A
Pemijahan : Alami ( Jantan impor Jepang, Betina lokal Blitar)
Pengairan : Mata air tersirkulasi
Kolam : Fiber dan Semen
Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 15 jam.
Kota tujuan : Kalimantan,Papua,Bali,NTB,NTT,Sulawesi,Maluku,Sumatra,Kepri.
Kapasitas pengiriman :
UKURAN : KAPASITAS / BOX :
Larva : 50.000 ekor
6 cm : 500 ekor
12 cm : 60 ekor
20 cm : 30 ekor
25-30 cm : 15-20 ekor
40 cm : 5 ekor
Untuk informasi harga murah berkualitas dan konsultasi teknik budidaya silahkan contak person Fadli 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.koibenih-fadli.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS). Kami memberikan garansi ikan selamat sampai ke tujuan.
Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..



erwin septiawan said...

lebih bisa besaran mana ikan koi belitar apa sukabumi terimakasih

erwin septiawan said...

lebih bisa besaran mana ikan koi belitar apa sukabumi terimakasih

ihias said...

maaf mas, jika koi sukabumi seperti apa yg ada kira. mungkin tidak ada koi sukabumi yang layak, bahkan juara dalam ajang kontes. dan terkait ikan yang saudara beli di pasar parung itu, sebagian besar ikannya dari sukabumi dan kualitasnya apkir. mohon diluruskan :)

teri said...

Jual Lahan buat buat Koi, air jernih dekat sumber ngalir 24 jam, debit besar, aman, pinggir jalan luas 1300m2 dusun Kedungrejo-Pujon, Malang 5 menit dari Dewisri buat yang tertarik silahkan survey/langka. harga nego mulaiRp.550.000/m2. Bp Tri telp. 0341-7754277

Neistra kahfi said...

Menurut saya koi blitar maupun sukabumi cukup baik,asalkan si pembeli memilih kualitas warna,pola corak serta bentuk ikan dan pakan yg di berikan saat di pelihara.
Mohon info dong daerah sukabumi mana nya yg bnyk petani ikan koi?email aja: arn.kahfineistra@gmail.com
Thanks

Neistra kahfi said...

Menurut saya koi blitar maupun sukabumi cukup baik,asalkan si pembeli memilih kualitas warna,pola corak serta bentuk ikan dan pakan yg di berikan saat di pelihara.
Mohon info dong daerah sukabumi mana nya yg bnyk petani ikan koi?email aja: arn.kahfineistra@gmail.com
Thanks

Ega Jambi said...

Saya sudah 2 kali pesan koi dengan Fadli (UD. Nabila Farm).. yang pertama saya pesan 500 ekor ukuran 7cm (A), hasilnya ikan datang ke lokasi hanya berjumlah 320 ekor. untuk pengiriman ke 2, saya pesan ukuran 13cm, setelah ditunggu hampir 1 minggu, ternyata ikan datang dengan ukuran 5-7cm. Dengan berbagai alasan, Fadli ber-alibi bahwa itu koi terbaik warna nya. boleh dibandingkan dengan koi surabaya dan jakarta, koi saya paling bagus (kata fadli).
anehnya sudah jelas2 yang dipesan lain, koq ngeyel seolah2 dia paling tau. wal hasil, saya menutupi kerugian karena ikan yang dipesan tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh client.
Mungkin pengalaman ini bisa menjadi referensi bagi yang lain dalam memilih tempat pembelian yang tepat.

Erwin Kurniawan said...
This comment has been removed by the author.
Erwin Kurniawan said...
This comment has been removed by the author.
jasa canopy jakarta said...

Mantap gan postingannya, ane asli sukabumi pasar ikan cibaraja cisaat, mampir2 sini gan skrg kualitas ikan koi sini lbh top