Friday, 4 July 2008

BAGAIMANA AGAR ANDA TERLIHAT SEPERTI SEORANG FILSUF


Tulisan ini saya tuliskan untuk Anda yang ingin segera terlihat layaknya seorang filsuf. Artinya sekilas Anda memiliki penampilan layaknya seorang filsuf.

Mungkin Anda kemudian bertanya, apa pentingnya tulisan ini?

Tentunya ada beberapa alasan. Pertama, banyak orang yang ingin terlihat seperti seorang filsuf. Agar orang lain dapat segera menyadari bahwa saat ini orang yang bijaksana dan cerdas sudah ada di depan matanya.

Saya harus mengakui bahwa untuk menjadi filsuf sempurna dengan kebijaksanaannya bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus menghabiskan banyak waktu membaca buku, berpikir, mempertanyakan hal-hal yang tidak lazim ditanyakan orang kebanyakan. Wah, membosankan sekali tentunya. Namun hanya dengan cara demikian Anda akhirnya mampu membangun pemikiran yang mendasar dan filosofis.

Namun kenyataannya banyak orang yang ingin terlihat cerdas walaupun sesungguhnya tidak cerdas dengan cara instan. Saya sering menyaksikan orang-orang suka berkompensasi ria dengan berbicara dengan bahasa yang njelimet atau mengatur wajah agar terlihat seolah selalu dalam kondisi berpikir.

Tujuan jelas, agar orang lainnya secara sadar atau tidak sadar mengakui, “Wah, ada orang pintar, nih!”. Buktinya ane kagak tidak ngerti di bilang apa, kali karena pengetahuannya tinggi”. Apalagi jika ada yang menyebutkan, “ Wajarlah dia jadi pejabat negara, yah!”. Nah, setelah itu ia pun dihormati.

Anehnya orang-orang semacam itu sering muncul di televisi dan menjadi menyampaikan opininya. Meksipub hal yang ia sampaikan sesungguhnya tidak punya makna apa-apa.

Alasan kedua, untuk memberikan hadiah hiburan buat orang-orang yang sudah kepalang belajar filsafat namun tidak pernah mampu memahami filsafat. Agar usahanya tidak sia-sia jadi tidak apa-apa menjadi filsuf dengan cara instan. Pokoknya, gimana biar terlihat filsuf-stylist.

Tulisan ini saya susun berdasarkan informasi yang saya peroleh dari biografi para filsuf besar serta dari pengamatan saya para ahli filsafat di Indonesia yang saya kenal. Dan saya harus akui umumnya mereka memang menunjukkan kebiasaan yang aneh.

Saya pernah mendengar cerita unik tentang seorang ahli filsafat yang juga pengajar di UI yang tiba-tiba meninggalkan istrinya di bioskop hanya gara-gara sebuah inspirasi. Kisah ini berawal dari inisiatif sang istri mengajak suaminya untuk bersanti sejenak nonton film romantis di sebuah bioskop ternama di Jakarta .

Saat menonton, awalnya si filsuf tampak menikmati film dan ia sering memberikan komentar pada istrinya setiap ada adegan yang menarik. Tapi lama- kelamaan ada yang aneh, suara si filsuf tidak lagi terdengar. Pada awalnya si istri berpikir barangkali si suami mulai tidak menikmati dan tertidur tapi begitu ia melirik ke sebelahnya ternyata si suami tidak lagi ada di bangkunya.

Mungkin ke kamar mandi, demikian pikir sang istri. Namun setelah ditunggu-tunggu ternyata si suami tidak muncul juga. Tiba-tiba hpnya berbunyi ternyata ada sms dan ternyata dari suaminya. Betapa terkejutnya si istri ketika menyadari bahwa suaminya itu ternyata telah berada di rumah dan sedang berada di depan komputer.

Ia memutuskan pulang karena ia tiba-tiba mendapatkan inspirasi setelah melihat salah satu adegan percintaan pada film yang mereka tonton hari ini. Takutnya inspirasinya hilang.

Oleh sebab itu hukum pertama agar Anda terlihat layaknya seorang filsuf, dan menurut saya wajib hukum, adalah bertingkah laku aneh. Seolah sudah menjadi hukum a priori bahwa setiap filsuf harus aneh, kalau tidak aneh bukan filsuf namanya.

Untuk menjadi aneh maka Anda harus belaku tidak lazim. Jika orang kebanyakan mandi 2 kali sehari, maka Anda baiknya mandi 1 kali per 2 minggu atau bisa juga 5 kali dalam sehari. Atau jika orang lain biasa makan sayur dengan cara biasa, maka biasakanlah untuk makan tomat dengan terlebih dahulu memisahkan bijinya.

Apalagi jika Anda sekali dua kali pergi jalan-jalan ke taman kota hanya dengan menggunakan celana dalam, seperti yang pernah dilakukan Adam Smith, maka sempurnalah keanehan Anda.

Namun tidak cukup hanya itu. Kita harus berhati-hati dengan aturan pertama karena bukan cuma filsuf yang tingkahnya aneh tapi juga orang gila. Jadi jangan sampai Anda malah dilabeli orang gila karena tindakan aneh tersebut .

Maka aturan kedua Anda harus selalu mengatur wajah Anda seolah sedang mikir. Dahi harus sering berkerut, mohon jangan sering tersenyum. Biasakan memasang wajah serius dan dingin. Intinya Anda harus terlihat seperti tidak pernah berhenti berpikir. Karena demikianlah kebiasaan para filsuf besar yang biasa memilikirkan hal-hal yang sulit dipecahkan bahkan hal-hal yang hampir mustahil dipahami.

Jika Anda menanggapi pertanyaan orang lain yang agak berat atau ilmiah usahakan wajah Anda terlihat lebih serius. Namun untuk pertanyaan yang rada simple, tunjukkan wajah cuek. Seolah pertanyaan itu tidak layak dipikirkan oleh otak Anda yang sudah demikian terasah oleh pemikian filsafat.

Aturan ketiga, ketika Anda diminta pendapat atau menjawab pertanyaan. Jangan terlihat gugup meskipun sebenarnya Anda tidak tahu. Karena dari awalnya memang Anda adalah filsuf palsu. Senjata ampuh untuk mencegah Anda terlihat bodoh, dan sebaliknya tampak lebih elegan, adalah dengan menggunakan bahasa-bahasa tinggi yang aneh.

Untuk aturan ini Anda dituntut sedikit mau belajar, setidaknya untuk menghapal beberapa istilah filsafat yang agak tinggi dan tidak lazim dipakai seperti eksistensi, a prori, keberadaan kesadaran, duree, ubefman, dsb.

Jadi meskipun di pikiran Anda, apa yang ingin diucapkan pada dasarnya sederhana seperti, “Saya mau makan”. Maka cukup mengubahnya menjadi “Saya sebagai pengada menciptakan kehendak untuk bereksistensi di tengah realitas dan pengada yang lain dan akan memasukkan being as a tool menyatu dalam misteri kehidupanku”.

Orang awam pasti akan geleng-geleng kepala karena bingung, tapi mereka tidak dapat mengatakan bahwa Anda bodoh. Malah mungkin akan menyalah dirinya mengapa tidak mengetahui arti dari setiap kata yang Anda ucapkan.

Aturan keempat, berpakaianlah secara sederhana. Alasannya simpel, bahwa sebagian besar filsuf menghabiskan waktunya untuk berpikir. Sehingga ia tidak sempat untuk merawat badan. Apalagi membaca buku mode untuk menyesuaikan pakaian yang dikenakannya dengan modern yang lagi in.

Namun bukan berarti Anda harus kumal atau bau badan, karena dikhawatirkan orang lain malah akan menjauh Anda. Karena bau badan yang menyengat cenderung membuat orang lain tidak nyaman.

Gunakanlah jas model jadul atau menggunakan topi kebun agar terlihat seperti Jeremi Bertham. Setidaknya agar Anda seolah orang memegang prinsip yang berbeda tercermin dari gaya berbusana Anda.

Aturan kelima, meskipun tidak terlalu penting namun dapat meningkatkan kesan kefilsafatan Anda. Yakni, biasakan membawa buku kemanapun Anda pergi. Khususnya jika Anda sedang melancong ke tempat banyak orang.

Jika orang lain sedang bersantai di taman, maka Anda lebih baik telihat membaca buku. Walaupun Anda tidak benar-benar membaca dan tidak mengerti Apa yang Anda baca, tapi usahakan Anda terlihat soleh sedang mengulas sesuatu. Tingkah laku Anda akan terlihat kontras dari orang kebanyakan sehingga bakal menjadi objek perhatian orang lain. Tapi ingat, jaga mata anda jangan sampai mengantuk.

Aturan terakhir dan cukup penting. Apapun cara-cara yang saya sebutkan disini, semuanya tidak akan berlaku jika Anda tunjukkan di depan seorang filsuf sejati. Karena ia akan menyadari bahwa sesungguhnya Anda tidak tahu apa-apa. Jangan berdebat dengan mereka karena Anda akan kelihat tolol. Ketika mereka mulai bicara saya bisa pastikan Anda bakal tidak mengerti.

Keenam aturan ini adalah cara mudah agar Anda terlihat seperti seorang filsuf tanpa harus berlelah-lelahan berpikir dan membaca banyak buku. Karena ada pepatah kalau bisa jadi filsuf dengan cara mudah kenapa harus milih cara yang sulit.

7 comments:

Letty said...

he...he bikin gue ketawa dan senyum sendiri

Rofiq Muhammad said...

Halo teman-teman, tolong dengarkan aku. Itu benar. Serikat kredit Islam benar-benar memberikan pinjaman. Saya telah menegaskan hal itu sendiri. Aku baru saja pinjaman dari mereka kemarin. Saya telah melihat kesaksian dari banyak orang bersaksi tentang bagaimana mereka mendapat pinjaman dari mereka. Awalnya saya pikir mereka di mana semua berbohong. Tapi beberapa hari lalu, saya hanya memutuskan untuk mencobanya dan saya sangat terkejut bahwa saya mendapat pinjaman saya juga. Sangat senang sekarang. Dear teman-teman, saya dapat memberitahu Anda bahwa mereka begitu berbeda dari ini pemberi pinjaman palsu lainnya yang ada di sini. saya dapat bergaransi Anda bahwa jika Anda memerlukan pinjaman yang dijamin mendesak, credit union Islam adalah tempat terbaik untuk pergi. email mereka sekarang di (frb228815@gmail.com) dan lihat sendiri. Cukup ikuti instruksi dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda. Apakah tidak afriad oke. Aku berjanji, Anda akan kembali ke sini sendiri dan juga bersaksi tentang mereka seperti saya.

Asep Umar said...

Rofiq bahagia kau telah menegaskan itu juga. ketika saya mendapat pinjaman dari mereka bulan lalu, saya datang ke forum ini untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman dari Islam serikat kredit tapi beberapa orang tidak percaya. Tapi sekarang aku sangat senang bahwa anda juga telah pergi ke sana sendiri untuk membuktikan bahwa saya benar. Aku seperti keberanian rofiq. Tak banyak orang yang memiliki keberanian untuk mengikuti mereka syarat dan kondisi yang bagaimanapun juga. Saya pikir itu adalah karena ada begitu banyak penipuan di internet. Aku digunakan untuk berpikir seperti itu di masa lalu bahwa semua pemberi pinjaman pinjaman yang sama, tapi setelah saya bertemu dengan Islam serikat kredit, yang kemudian saya menyadari bahwa masih ada beberapa asli yang. Mereka pikir mereka tidak akan mengeluarkan pinjaman tapi aku cukup berani mengambil resiko dan saya mendapat pinjaman dari mereka dan hari ini bisnis saya berkembang dengan cepat karena pinjaman berinvestasi di dalamnya. Ini islam serikat kredit adalah benar-benar indah. Mereka benar-benar mempengaruhi kehidupan orang-orang positif. Terima kasih rofiq untuk menjadi couragious cukup untuk mengambil pinjaman dari mereka. Saya akhir nasihat bagi siapa saja yang benar-benar butuh mendesak pinjaman untuk menghubungi mereka sekarang dan anda akan mendapatkan pinjaman anda jika anda couragious cukup untuk fufil yang dibutuhkan. Lagi-lagi, mereka email adalah frb228815@gmail.com

Aloy Miak said...

Agen Judi Online Terpercaya
Agen Judi Online
Agen Sbobet 988Bet Trade In 988Bet Produk Asia77
988Bet Produk AsiaPoker77 988Bet Produk Asia8 988Bet Produk 1sCasino 988Bet Produk 338a 988Bet Produk IBCBET
988Bet Produk SBOBET Prediksi Bola 988Bet Tebak Bola 988 Panduan Bermain 988

Winenlose Winenlose said...

Agen Judi Terpercaya Agen Judi
Agen Sbobet WinEnLose WinEnLose Bandar Bola
WinEnLose AsiaPoker77 WinEnLose
Produk Asia8
WinEnLose Produk 1sCasino WinEnLose Produk 338a WinEnLose Produk IBCBET
WinEnLose Produk SBOBET Prediksi Bola WinEnLose WinEnLose Agen Bola Panduan Bermain WinEnLose

Kiyai kanjeng dimas taat pribadi said...

SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<






SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<

Alfian Kurnia said...

Banyak orang tidak punya dasar ilmu apa2 tiba2 belajar pemikiran2 filsuf, ya begitu akibatnya!