Monday 9 June 2008

TAKTIK MENCEGAH SERANGAN VIRUS KOMPUTER


1. Virus adalah program jahat (bandingkan dengan winamp, excel yang merupakan program baik-baik) yang masuk ke dalam system komputer untuk merusak kinerja; merusak folder (virus brantos), memunculkan tampilan aneh-aneh di display (virus Jangkaru) dsb…

2. Karena Virus adalah sebuah program, pada komputer filenya akan berakhiran exe. Jadi jika kita menemukan file misalnya hendra.exe atau sipayung.exe di MyDocumend, di drive C, D, E, F s/d Z atau di flash dish, maka waspadalah...waspadalah...karena itu bisa saja virus..dan jangan pernah sekali-kali mengklik meskipun namanya mengoda seperti maria_eva.exe atau sarah_azhari.exe,karena jika ternyata virus maka kita telah mengaktifkannya.

3. Virus pertama sekali dikirim melalui internet khususnya e-mail. Oleh sebab itu jika menemukan kiriman e-mail dari entah berantah, yang tidak dikenal atau mencoba menawarkan hadiah....hati-hati...dan sebaiknya jangan dibuka (kalau penasaran bukanya di warnet saja, kalaupun virus, kan orang yang rugi bukan kita!) atau baiknya dihapus saja.

4. Jika membuka situs web, hati-hati dengan web xxx yang konon menjadi sumber penyebaran utama Virus. Dan jangan sekali-kali mengklik iklan-iklan yang tidak perlu di website yang anda buka.

5. Dan Virus-Virus dapat tersebar hebat melalui vektornya yakni mobile driver (flash dish, disket, dsb) sebab itu jangan sekali-kali memasang mobile driver kita di komputer yang terinfeksi virus, kecuali jika anti virus di komputer kita ampuh. Dan setiap mobile driver yang masuk ke dalam komputer harus di scan dengan anti virus. Jika ternyata mobile driver kita sudah terinfeksi sangat parah dan tidak tertolong lagi dengan metoda apapun, termasuk dengan pengobatan alternatif, solusi satu-satunya adalah memformat ulang, alias datanya dikosongkan.

6. Setiap komputer kudu wajib memiliki satu anti virus (Mcafee, Norton, Panda, AVG). Dan prinsip hidup anti virus, lebih baik satu tapi terus di upgrade (jika perlu setiap hari) dari pada banyak anti virus tapi kadarluarsa (Mohon diingat semakin banyak anti maka akan semakin memperlambar kerja komputer). Untuk mengupdate anti virus dapat dilakukan langsung atau otomatis jika tersambung dengan internet. Jika tidak terhubung dengan internet, dapat mengambil bahan mentah dari situs resmi penyedia updaten (untuk norton buka www.symantec.com untu McAfee buka www.mcafee.com) atau mengambilnya dari intranet pusdatin

7. Setelah di upgrade, setiap dua kali sehari dilakukan scan sistem komputer secara menyeluruh. Dan setiap flash dish atau disket yang akan dicolok ke dalam komputer wajib discan terlebih dahulu, bagi yang menolak segera beri peringatan dan nasehat yang membangun.

1 comment:

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:

http://security-hacking.infogue.com
http://security-hacking.infogue.com/taktik_mencegah_serangan_virus_komputer


anda bisa promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!