Monday 4 February 2008

WANITA DAN PRAGMATISM


Sebuah syair lagu menggungkapkan bahwa wanita dijajah pria sejak dulu kala . Hal ini seolah menunjukkan, sudah takdir wanita tunduk terhadap pria. Wanita sering juga digambarkan sebagai sosok yang tereksploitasi oleh pria. Sosok wanita yang baik adalah pelayan pria yang setia, patuh terhadap segala keinginan suaminya bahkan ada sebuah ungkapan tradisional yang menyatakan bahwa sorga dan nerakanya wanita ditentukan oleh suaminya, jika suaminya ke sorga maka iapun ikut ke sorga dan kalau suaminya ke neraka ia juga manut ikut ke neraka .

Namun apa yang sering terjadi akhir-akhir ini menunjukkan hal sebaliknya. Kadang malah pria yang terjajah oleh wanita, setidaknya hatinya terjajah. Banyak pria bagaikan kerbau yang dicucuk hidung melakukan apa saja yang diminta wanita pujaan hatinya, memusuhi teman-temannya bahkan saudaranya hanya gara-gara untuk menyenangkan hati sang wanita. Sering juga terjadi seorang pria yang telah mengorbankan segalanya malah dengan gampangnya ditinggalkan oleh sang wanita dengan sebuah alasan sepele seperti tidak cinta lagi atau ketemu pria yang lebih mapan. Si pria menjadi patah hati, dendam bahkan ada yang sampai berakhir dengan bunuh diri.

Wanita sesungguhnya tidak mudah dipahami. Begitu banyak penjelasan psikologis untuk memberikan gambaran seperti apakah sesungguhnya wanita itu. Sering kali antara penjelasan yang satu dengan yang lain bersifat kontradiksi. Misalnya ada sebuah teori yang mengatakan bahwa wanita dalam membina hubungan dengan orang lain lebih berorientasi pada keterbukaan, kenyamanan hubungan serta pembentukan ikatan emosional . Hanya saja teori ini kadang bertentangan dengan kenyataan, ada juga sejumlah wanita yang membina hubungan dengan pria, dapat dengan mudah memutuskan hubungan dengan seorang pria dan meninggalkannya begitu saja hanya karena alasan yang sepele (tidak cinta, kurang mapan, tidak bisa ngemong dsb). Padahal hal itu ia sadari mengakibatkan luka-luka batin.

Dikaitkan dengan parental investment ada teori yang menyebutkan demikian, bahwa wanita cenderung memilih pria yang mapan secara ekonomi dan kepribadian dengan harapan kelak sang pria dapat menyediakan kebutuhan bagi anak dan masa depannya, atau sebuah ekspektasi akan jaminan masa depan anak yang akan dikandungnya (David, 1999). Hanya saja dalam kenyataan seringkali pertimbangan kemampanan sedemikian kontradiksi dengan teori di atas. Ada sejumlah wanita dengan toleran mau dinikahi oleh pria yang telah beristri atau memiliki kebiasaan yang buruk seperti kekerasan fisik, minum-minum dsb hanya karena sang pria mapan secara ekonomi.

Apakah keputusan ini lebih didasarkan pertimbangan parental investment terkait dengan ekspektasi masa depan anak. Bukankah prilaku suami seperti yang disebutkan di atas dapat menciptakan kondisi keluarga yang tidak harmonis, penuh kekerasan dan kurangnya perhatian ayah terhadap anak. Bukankah kondisi demikian dapat menghambat perkembangan si anak untuk tumbuh secara ideal secara fisik maupun mental, yang akhirnya dapat menciptakan kecenderungan prilaku menyimpang pada anak. Ekspeksi demikiankah yang diharapkan sang wanita kelak?

Wanita seperti halnya pria merupakan mahluk yang memiliki kehendak bebas. Faktor-faktor biologis genetis tidak selalu dapat menjelaskan perilaku wanita, karena kesamaan faktor-faktor biologis tidak serta merta menghasilkan karakter dan prilaku wanita yang sama. Atau tidak dapat juga selalu disebutkan bahwa setiap wanita memiliki naluri keibuan seperti halnya semua wanita cenderung matre dalam memilih pasangan. Bahwa apa yang menjadi karakter seorang wanita tergantung kepada kencenderungan pribadinya dalam mengambil keputusan, yang juga dipengaruhi nilai-nilai dan sudut pandang yang ia anut. 

Jika disebutkan bahwa sudah hukumnya jika wanita memilih pria berdasarkan kekayaannya, karena sejak dahulu pria adalah kepala rumah tangga yang harus memenuhi segala kebutuhan istri dan anak-anaknya. Menurut saya hanya suatu usaha pembenaran terhadap prilaku materialisme dan pragmatisme seorang wanita. Karena kekayaan bukan segala-galanya, karena kadang kekayaan malah memberikan peluang lebih besar bagi pria untuk berselingkuh dan menjadi otoriter terhadap istri dan anak-anak. Jika hanya mempertimbangkan kekayaan belaka, yang kadang membuat wanita dengan penuh keyakinan memutuskan menikah dengan pria seorang yang baru ia kenal selama 3 bulan, maka keputusan tersebut adalah sebuah perjudian. Kekayaan tidak dapat menunjukkan apakah seorang pria itu adalah pria yang penuh kejujuran, kasih sayang dan bukan seorang psikopat. Pria dapat menjadi anak manis dan bertopeng menjadi seorang yang hangat, penyayang, rela mengorbankan apapun demi si gadis, dengan tujuan agar sang wanita terperdaya dan mau menerima cintanya dengan penuh keterbukaan. Setelah itu ia kembali pada sifat aslinya yang mungkin saja berbeda dengan sifat yang ditunjukkannya pada awal perkenalan.

Laki-laki memiliki kecenderungan untuk mempertontonkan atribut kemegahannya untuk menarik hati wanita. Dalam dunia binatang seolah sudah menjadi hukum alam jika pejantan yang memenangkan seekor wanita adalah pejantan yang tampak paling gagah dan anggun, seperti misalnya burung merak jantan yang mempertontonkan bulunya yang indah di hadapan si bentina pada saat musim kawin untuk menarik perhatiannya. Namun paling anggun bukan berarti paling setia, karena sudah menjadi kebiasaan hewan bergonta-ganti pasangan selama musim kawin. Bahkan ada juga penjantan yang kemudian mengawini kembali anaknya sendiri.

Bukan berarti kecenderungan di atas menjadi pembenaran untuk mengakui bahwa sudah menjadi takdirnya wanita melihat pria dari atribut keunggulan yang dapat ditunjukkannya seperti kekayaan. Manusia harusnya lebih dari itu, karena tujuan sebuah hubungan percintaan tidak semta-mata sex melainkan menciptakan hubungan permanen sebagai sepasang suami istri yang terikat secara emosional dan saling melengkapi satu sama lain. Manusia adalah mahluk yang memiliki akal dan perasaan yang digunakan dalam mengambil sikap yang diambil. Setidaknya perasaan dalam dirinya menjadi sebuah sumber bagi tindakan etis semacam jangan menyakiti orang lain, karena orang lain dapat menjadi menderita oleh kita, sebagaimana kita merasa tersiksa oleh orang lain.

Oleh sebab itu wanita tidak dapat dijelaskan secara mutlak dan ia memiliki kebebasan dalam memilih  tindakan yang akan diambilnya. Jika seorang wanita sangat materialis atau menjadi tidak perduli dengan perasaan pria yang ditinggalkannya agar dapat bersama laki-laki yang lebih mapan, adalah manifestasi pribadi sang wanita yang semakin egois dan pragmatis dan bukan karena sifat alamiahnya yang kadang pria dituntut untuk memakluminya. Jika sebuah karakter, dikatakan adalah sifat umum dari seorang wanita haruslah sesuatu yang baik, bukannya sifat-sifat yang dapat menjerumuskan sang wanita pada perilaku yang buruk yang dapat membuat seorang pria sakit hati atau patah hati lantas bunuh diri atau membuat seorang wanita akhirnya mendapati pria mapan pilihannya adalah seorang psikopat atau buaya, dan kemudian harus membangun sebuah keluarga yang tidak harmonis.

Karena tidak ada pembenaran apapun terhadap hubungan ekploitasi yang terjadi di antara manusia termasuk juga hubungan diantara wanita dengan pria

4 comments:

Unknown said...

Halo,
Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

Email: gloryloanfirm@gmail.com ... silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

Setiana Dewi said...

Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya situasi yang tidak terlalu baik dan putus asa, aku jatuh ke tangan seorang pemberi pinjaman palsu, dari saudi arabia. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, pemilik sebuah organisasi kredit global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari 450juta dalam waktu kurang dari 24 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Mrs. Emiliana mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

sehingga untuk pekerjaan yang baik dari Ibu Emiliana dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Mrs. Emiliana, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga menerima pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Emiliana untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

Setiana Dewi said...

Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya sangat membutuhkan pinjaman, karena keuangan saya situasi yang tidak terlalu baik dan putus asa, aku jatuh ke tangan seorang pemberi pinjaman palsu, dari saudi arabia. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, pemilik sebuah organisasi kredit global, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari 450juta dalam waktu kurang dari 24 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Mrs. Emiliana mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

sehingga untuk pekerjaan yang baik dari Ibu Emiliana dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Mrs. Emiliana, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson111@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga menerima pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Emiliana untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

Unknown said...

,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
////////